This is a free and fully standards compliant Blogger template created by Templates Block. You can use it for your personal and commercial projects without any restrictions. The only stipulation to the use of this free template is that the links appearing in the footer remain intact. Beyond that, simply enjoy and have fun with it!

Kamis, 24 Juli 2008

Masa subur

Ass....W.W

Saya wanita usia 30 th, sudah menikah lbh krg 3 th. tapi smpai skrg blm mempunyai keturunan. setelah cek dilabor kami sehat dua2nya.memang dtang bulan saya tidak teratur dan kadang2 sangat nyeri.dan sudah sudah berobat ke Dr. Spesialis, saya dikasih obat selama 3 bulan tidak dtg haid.kemudian minum obat penyubur malahan haid saya menjadi lama sampai 15 hari.saya dikasih obat penghentian pendarahan malah maag saya yang kambuh.

yang ingin saya tanyakan :

1. Kapan masa Subur kalo haid yang tidak teratur tsb.

2. Apa penyebab saya belum bisa hamil juga.

terima kasih atas saran dan infonya.


Ada beberapa cara untuk mengetahui masa subur ibu, yaitu;

• Ibu dapat menghitung masa subur ibu dengan menggunakan system kalender. Hal ini adalah cara natural atau alamiah yang digunakan bila ibu mempunyai siklus menstruasi yang teratur. Cobalah untuk mencatat siklus menstruasi ibu dalam 3 bulan terakhir berturut-turut (tanggal hari pertama haid ). Dan sebaiknya pada wanita dengan siklus menstruasi yang tidak teratur akan sulit untuk menilai masa subur dengan cara ini.

Dengan menilai peningkatan suhu badan, biasanya suhu badan meningkat menjelang dan sesudah masa ovulasi karena pengaruh hormon progesteron.

Dengan menilai lendir rahim. Hormon estrogen mencapai puncaknya pada saat ovulasi terjadi dan memengaruhi lendir rahim. Menjelang ovulasi biasanya lendir rahim jadi agak encer dan bila diraba dengan dua jari membentuk benang dan berwarna bening.

Alat Tes Ovulasi. Saat ini juga sudah dijual bebas diapotik atau toko obat alat untuk menilai masa subur yaitu Test prediksi masa subur atau ovulasi. Alat test ini bekerja dengan mengukur kadar hormone LH yang dihasilkan saat ovulasi. Alat ini digunakan seperti test kehamilan tetapi tentu saja harganya lebih mahal.

· USG Transvaginal. Yaitu berupa suatu alat diagnostic gelombang suara yang dimasukan melalui jalan lahir,kemudian akan diukur besar sel telur apakah dalam massa subur atau tidak


Mengenai penyebab ibu belum bisa hamil,saya belum dapat menyimpulkannya karena terlalu banyak factor yang berperan dalam masalah ketidaksuburan ini,pemeriksaan hormonal hanyalah salah satu langkah dalam investigasi ketidaksuburan ini, masih banyak hal-hal lain yang harus diperiksa antara lain,penilaian ada tidaknya pelepasan sel telur, ada tidaknya penyakit lain yang menyebabkan ketidak suburan,pemeriksaan bakteriologi,analisa sperma,analisa saluran telur ibu dan banyak hal lainnya..akan tetapi dari masa penjelasan ibu diatas dimana datang bulan ibu tidak teratur (kalau masih 21-35 hari siklus per bulan masih normal ya bu) dan adanya nyeri,serta dokter spesialis yang memberikan obat tidak haid selama 3 bulan.ada kemungkinan ibu menderita endometriosis yaitu adanya jaringan rahim yang berada diluar tempat yang seharusnya dan memang endometriosis salah satu penyebab adanya ketidaksuburan ini..sebaiknya ibu tetap meneruskan pengobatan ibu..karena dibutuhkan kesabaran dalam mengobati ketidaksuburan ini,asal jangan kelamaan saja…semoga menjawab ya bu

0 komentar: