This is a free and fully standards compliant Blogger template created by Templates Block. You can use it for your personal and commercial projects without any restrictions. The only stipulation to the use of this free template is that the links appearing in the footer remain intact. Beyond that, simply enjoy and have fun with it!

Kamis, 10 Juli 2008

Cacar air dan kehamilan

Dok saya sedang hamil 5 bulan, beberapa minggu lalu saya terkena cacar air. Saya sempat khawatir penyakit itu akan mengganggu janin atau bayi saya nantinya., apakah benar cacar yang saya derita tak akan berakibat pada anak saya nanti? Terima kasih sebelumnya.

Ny. Rita

Jawaban :

Ibu Rita yang terhormat.

Cacar air sebenarnya penyakit anak-anak, kebanyakan ibu hamil sudah imun terhadap cacar air, karena telah terkena cacar air sebelum hamil atau telah mendapat vaksin saat masa kanak-kanak . Cacar air ditularkan lewat udara dari penderita yang batuk, bersin atau kontak langsung dengan kulit penderita. Masa inkubasinya sekitar dua minggu, kemudian ibu yang tertular akan mendapatkan kulitnya gatal, berbercak merah yang akan menjadi gelembung kecil berisi cairan. Penderita menularkan penyakitnya beberapa hari, sebelum bercak kulit keluar dan baru berhenti menularkan setelah bercak kulit berhenti menyebar dan mengering (sekitar 5-7 hari dari timbulnya bercak kulit).

Ibu hamil yang tertular penyakit ini, sebelum usia kehamilan 20 minggu mempunyai risiko untuk menularkanya pada janinnya dan janin berisiko untuk mengalami congenital varicella syndrome yang dapat berupa adanya keloid (scars), kelainan otot dan tulang, kelumpuhan, kepala yang lebih kecil, kebutaan, kejang atau retardasi mental. Kejadian ini, hanya terjadi pada 1 atau 2 dari 100 ibu hamil yang menderita penyakit ini.

Bila ibu hamil menderita cacar air sekitar seminggu sebelum melahirkan, lebih besar kemungkinan janin terkena, namun kelainannya jauh lebih ringan. Bayi baru lahir yang tertular harus mendapat perawatan yang baik, karena dapat menyebabkan kematian akibat komplikasi penyakit ini (antara lain pneumonia).. Bila bayi lahir sekurang-kurangnya lima hari setelah timbulnya cacar air pada ibu hamil maka bayinya aman karena meskipun ada cacar air pada saat lahir atau dalam 5 hari pertama setelah lahir maka cacar air pada bayi ringan karena mendapat antibodi (maternal IgG antibody) dari ibu. Tetapi bila bayi lahir dalam 4 hari setelah atau 2 hari sebelum timbul cacar pada ibu maka bisa timbul varisela berat yang dapat menimbulkan kematian maka pada keadaan ini dalam waktu 48 jam setelah lahir bayi harus mendapat suntikan VZIG (Varicella Zoster Immune Globulin).

semoga menjawab ya bu

0 komentar: