This is a free and fully standards compliant Blogger template created by Templates Block. You can use it for your personal and commercial projects without any restrictions. The only stipulation to the use of this free template is that the links appearing in the footer remain intact. Beyond that, simply enjoy and have fun with it!

Selasa, 20 November 2007

Lupa minum Pil KB

Saya ibu rumah tangga berusia 26 tahun dan punya seorang putri. Selama ini, saya memilih pil KB sebagai alat kontrasepsi. Pada suatu ketika, saya kelupaan minum pil KB. Tapi, saat itu saya dan suami tidak sedang melakukan hubungan.
Yang ingin saya tanyakan, apakah saya akan tetap hamil meskipun saat tidak minum pil KB saya dan tidak berhubungan badan? Sebab, pil KB kan harus diminum setiap hari. Bagaimana pula seandainya saya hanya minum pil KB saat berhubungan dengan suami? Apakah cara itu bisa mencegah kehamilan? Terima kasih atas jawaban dokter.
Anti,Padang

Ny.Anti, penggunaan pil KB itu sebaiknya teratur dan diminum pada waktu yang sama. Selain untuk menjaga efektivitas, juga dimaksudkan mempermudah kita mengingatnya. Jika lupa meminum sebutir pil, minumlah pil yang terlupa segera setelah ingat, meskipun ini berarti bahwa ibu harus minum 2 butir pil sehari.Jika lupa minum 2 butir pil atau lebih, harus minum 2 butir pil setiap hari sampai kembali lagi ke jadwal semula. Juga sebaiknya menggunakan pengaman dulu (salah satunya kondom) atau jangan melakukan hubungan seksual sampai paket pil itu habis. Untuk kasus Ibu, sebetulnya tidak usah takut hamil. Sebab, Ibu kan tidak melakukan hubungan badan saat tidak minum pil. Semoga bermanfaat

II.

Dok istri saya ( 30 th, dengan putra baru berusia 3 bulan) baru 1 bulan memakai pil KB exlution, setelah habis satu masa pakai hingga sekarang ( sudah 2 minggu) istri saya belum mendapatkan haid, kemarin saya sudah check pake test kehamilan hasilnya negatif. Yang ingin saya tanyakan: 1. apakah telat haid-nya ini mengindikasikan bahwa pil KB tsb tidak cocok? 2. Jika ingin ganti pil, pil KB apa yang sekiranya cocok dan tidak berpengaruh pada ASI (saat ini sedang program ASI eksklusif) 3. Karena istri tidak mau pakai IUD, adakah alternatif lain yang tidak berpengaruh terhadap ASI? Terima kasih atas perhatian dan jawabannya

Gani,Ganting

Pada beberapa wanita, yang baru pertama kali menggunakan Pil KB, ada yang mengalami gangguan pada siklus menstruasinya. Ada yang siklus nya memanjang, ada yang tidak teratur datang bulannya (kadang-kadang sampai satu bulan tidak mendapatkan mestruasi), dll. Hanya saja biasanya hal ini berlangsung selama 3-6 bulan pertama pemakaian.
Jika lebih dari 6 bulan keadaan ini masih terjadi pada diri istri anda, serta mengganggu anda dan istri, maka mengganti dengan jenis kontrasepsi yang lain mungkin dapat dilakukan.
Untuk wanita yang sedang menyusui, saat ini kontrasepsi yang dianjurkan yaitu Pil KB Mini (contohnya Pil KB Exluton), suntik KB progestin (contohnya Depogeston, Depoprovera), IUD, Kondom, Femidom (kondom untuk wanita).Kontrasepsi ini dinilai aman untuk wanita menyusui dan tidak menggangu produksi ASI, serta tidak mengganggu kondisi bayi.Semoga pertanyaan bapak terjawab

0 komentar: