This is a free and fully standards compliant Blogger template created by Templates Block. You can use it for your personal and commercial projects without any restrictions. The only stipulation to the use of this free template is that the links appearing in the footer remain intact. Beyond that, simply enjoy and have fun with it!

Kamis, 08 November 2007

Hamil dan penerbangan

pa kabar dok

Saya ingin bertanya lagi nih dok, apakah saya boleh melakukan perjalanan dengan
naik pesawat terbang, sedangkan usia kehamilan saya nanti akan memasuki minggu
ke 16? Saat ini kehamilan saya baru 11 minggu, sedangkan bulan depan saya akan
melakukan perjalanan dg naik pesawat terbang, yg kira-kira 3 jam lamanya. Apakah
tidak mengganggu janin saya dok?

Mungkin itu dulu pertanyaan saya dok. Atas perhatian dan jawabannya, saya
ucapkan terima kasih.

yani,marapalam

bu yani yang berbahagia

Wanita hamil tak dilarang melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang selama kondisi fisiknya sehat dan tidak ada kelainan dengan kehamilannya. Kelainan yang dimaksud misalnya riwayat kontraksi atau riwayat perdarahan. Bila ada riwayat, dikha-watirkan terjadi perdarahan di pesawat.

Sejak hamil muda sampai usia kehamilan 32 minggu, perjalanan dengan pesawat terbang diperbolehkan bagi wanita hamil-karena tidak akan berdampak bagi ibu maupun janinnya. Tekanan udara di dalam kabin sudah diatur sedemikian rupa sehingga aman untuk ibu yang sedang hamil. Bahkan frekuensi penerbangan pun dapat dilakukan sesering mungkin tanpa menimbulkan bahaya terhadap ibu dan janin. Ibu pun tak perlu mengkhawatirkan alat detektor yang harus dilewati di bagian pemeriksaan penumpang di bandara, karena alat ini tak akan membahayakan janinnya.

Namun, ada beberapa hal yang perlu ibu pertimbangkan, seperti

  • Kondisi kesehatan

apakah ibu mual-mual dan muntah-muntah hebat tiap pagi? Atau merasa sangat lelah? Atau lesu kurang darah? Kalau ya, sebaiknya tunda perjalanan sampai kondisi kesehatan ibu membaik. Tidak ada yang paling nikmat selain bepergian dalam kondisi kesehatan prima, kan?

  • Usia kehamilan

Keguguran biasanya terjadi selama trimester pertama. Bila umur kehamilan ibu kurang dari 12 minggu, sebaiknya undurkan saja hari keberangkatan barang 1-2 bulan.atau jika usia kandungan ibu sudah 39-40 minggu wanita hamil disarankan untuk tidak melakukan perjalanan jauh ,Paling dikhawatirkan, persalinan yang bisa terjadi sewaktu-waktu di saat penerbangan

Waktu ideal untuk melakukan perjalanan adalah di bulan keempat atau kelima kehamilan.

  • Ketinggian terbang

Jika ibu mengalami anemia selama hamil, sebaiknya jangan melakukan perjalanan dengan pesawat terbang. Soalnya, kandungan oksigen udara dalam pesawat sangat minim. Nah, tipisnya kandungan oksigen dalam pesawat dan anemia yang ibu derita, bisa membuat Anda dan janin kekurangan oksigen.
Semoga selamat sampai di tujuan, dan semoga selamat sampai di rumah kembali!

0 komentar: