This is a free and fully standards compliant Blogger template created by Templates Block. You can use it for your personal and commercial projects without any restrictions. The only stipulation to the use of this free template is that the links appearing in the footer remain intact. Beyond that, simply enjoy and have fun with it!

Selasa, 15 April 2008

Anak Cerdas

Dokter Bobby Yth,

Dok, sebentar lagi saya akan menikah dengan pria pilihan saya yang direstui orangtua. Kami berdua menginginkan anak yang sehat dan lucu. Untuk merencanakan hal itu, apakah ada tips untuk bisa memiliki anak yang sehat dan cerdas yang dimaksud. Apakah nanti waktu mengandung saya mesti mengonsumsi makanan bergizi dan vitamin-vitamin. Contoh makanan yang dimaksud seperti apa dok? Trims


Nona Titin di Padang


Ibu titin yang berbahagia selamat ya atas rencana pernikahan nya,ibu titin kecerdasan anak dapat dikembangkan sejak dalam kandungan
faktor yang dapat mempengaruhi perkembangan otak ada 3 yaitu, genetik, nutrisi dan lingkungan. Untuk faktor genetik, orangtua yang cerdas, kemungkinan besar akan memiliki anak yang cerdas pula. Sebab dari faktor genetik ini, sekitar 50-60 persen yang diturunkan Faktor gizi sangat berperan untuk mencapai pertumbuhan badan optimal. Termasuk pertumbuhan otak yang sangat menentukan kecerdasan seseorang. Masa pertumbuhan otak tercepat terjadi pada trimester akhir kandungan sampai bayi berusia 18 bulan. Setelah itu, otak masih tetap tumbuh tapi kecepatannya semakin berkurang hingga terhenti di usia 5 tahun. Jelas, usia balita sangat rawan terhadap kondisi-kondisi kurang gizi yang amat berpengaruh terhadap perkembangan otaknyaNutrisi yang diperlukan untuk perkembangan otak janin antara lain protein, karbohidrat, vitamin, mineral, serta AA dan DHA untuk perkembangan otak dan retina mata.Jadi pada saat kehamilan seorang ibu harus megkonsumsi gizi yang seimbang dengan mengutamakan makanan yang segar.

Harus diingat pertambahan berat badan ideal selama masa kehamilan adalah berkisar antara 10-15 kg.

Makanan dengan gizi seimbang dapat diperoleh dari karbohidrat dan lemak sebagai sumber zat tenaga, protein sebagai sumber zat pembangun, serta vitamin dan mineral sebagai zat pengatur. Sebagai sumber tenaga yang menghasilkan kalori, karbohidrat dapat diperoleh dari serealia, umbi-umbian. Sementara protein sebagai sumber zat pembangun dapat diperoleh dari daging, ikan, telur, kacang-kacangan, dan sebagai sumber zat pengatur, vitamin dan mineral dapat diperoleh dari buah-buahan dan sayur-sayuran..Asam folat berguna untuk perkembangan sistem saraf dan sel darah, dan banyak terdapat pada sayuran berwarna hijau gelap seperti bayam, kembang kol dan brokoli. Pada buah-buahan, asam folat banyak terdapat pada jeruk, pisang, wortel dan tomat. Kebutuhan asam folat selama hamil adalah 800 mcg per hari, terutama pada 12 minggu pertama kehamilan. Kekurangan asam folat dapat mengganggu pembentukan otak, sampai cacat bawaan pada susunan saraf pusat maupun otak janin.

Sedangkan faktor lingkungan salah satunya adalah mengelus perut dan mengajak bicara janin.Pada usia kehamilan 3 bulan, janin sudah bisa mendengar dan mampu merasakan elusan tangan ibu atau ayahnya.Mengelus-elus perut ibu hamil juga bisa memicu perkembangan otak janin..Stimulasi ini seperti dengan mengusap-usap perut ibu hamil dan mengajak bicara janin. Dengan sering melakukan stimulasi seperti itu, maka jaringan sinaptogenesis atau hubungan antar syaraf semakin banyak.mengusap perut dan mengajak bicara janin juga bisa meningkatkan hubungan bapak-ibu dengan anaknya. Selain itu juga bisa mematangkan emosi anak, sehingga ketika dewasa tidak mudah depresi. Stimulasi lain yang diduga dapat dilakukan antara lain dengan mendengarkan music klasik,tetapi tidak semua music klasik bermanfaat.

Setelah lahir ke dunia untuk merangsang kecerdasan bayi dari factor gizi adalah dengan pembeian ASI,ASI Eksklusif adalah nutrisi terbaik dalam kualitas dan kuantitas pada saat masa lompatan pertumbuhan otak yang terjadi dari 0 sampai 6 bulanASI mengandung nutrient yang mempunyai fungsi spesifik untuk pertumbuhan otak antara lain DHA dan AA untuk pertumbuhan otak dan retina, kolesterol untuk myelinisasi jaringan syaraf, taurin untuk neurontransmitter inhibitor dan stabilisator membran, laktosa untuk pertumbuhan otak, koline yang mungkin meningkatkan memori.

Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan selain bagus untuk perkembangan otak, juga bagus untuk mempersiapkan sistem pencernaan bayi karena pada saat lahir, enzim pencernaan bayi masih belum lengkap dan hanya bisa digunakan untuk mencerna ASI. Perlu diketahui bahwa ASI mengandung lebih dari 100 macam enzim yang membantu penyerapan zat gizi yang terkandung di dalam ASI.

Lebih lanjut, Proses menyusui ASI tidak hanya sekedar memberi makan tapi juga mendidik dan memberikan kebutuhan psychososial. Proses menyusui itu merupakan stimulasi bagi pendidikan anak karena ada kontak mata, diajak bicara, dipeluk, dan dielus-elus oleh sang ibu.

Gizi, perawatan, dan lingkungan psikologis itulah faktor lingkungan penentu kecerdasan anak ibu semuanya diatur sejak janin. Ketika anak masih dalam kandungan, si ibu mesti makan untuk kebutuhan berdua dengan gizi yang baik. Perilakunya juga mesti dijaga agar tidak memberi pengaruh buruk terhadap janin. Pasalnya, perilaku ''buruk''ibu hamil, merokok misalnya, ternyata juga menjadikan IQ anak rendah. Untuk mengetahui kecukupan gizi pada anak ada dua cara yang bisa digunakan. Pertama cara subjektif, yakni mengamati respon anak terhadap pemberian makanan. Makanan dinilai cukup jika anak tampak puas, tidur nyenyak, aktifitas baik, lincah, dan gembira. Anak cukup gizi biasanya tidak pucat, tidak lembek, dan tidak ada tanda-tanda gangguan kesehatan.

Cara kedua adalah dengan pemantauan pertumbuhan secara berkala. Cara ini dilakukan dengan mengukur berat dan tinggi anak, dilengkapi dengan mengukur lingkar kepala pada anak sampai usia 3 tahun. .

Selain faktor gizi dan perawatan, apa yang dilihat, didengar, dan dipelajari anak, sejak dalam kandungan sampai usia lima tahun, sangat menentukan intelegensia dasar untuk masa dewasanya kelak. Setelah usianya melewati lima tahun, secara potensial IQ-nya telah tetap. Dengan begitu, masa itulah merupakan kesempatan emas bagi kita untuk memacu tingkat kecerdasan anak. Hal ini dapat dilakukan
sesuai dengan kecerdasan yang ada yaitu kecerdasan linguistic,kecerdasan logika matematika,kecerdasan visual spasial,kecerdasan gerak tubuh,kecerdasan musical,kecerdasan interpersonal,kecerdasan intrapersonal dan kecerdasan naturalis. Kedelapan kecerdasan itu bias saja terdapat bias saja dimiliki oleh satu individu,hanya saja dalam taraf yang berbeda.ibu dapat memperhatikan kecerdasan mana yang lebih menonjol,sehingga ibu dapat menstimulasi dan membimbing anak sesuai dengan kecerdasan yang dimilikinya,pada umumnya orangtua terutama ibu adalah sosok yang paling tahu bagaimana keadaan dan kemampuan buah hatinya…. Nah, untuk mendapatkan anak cerdas ternyata gak terlalu susah ya bu. Cuma dengan memberi makanan sehat, perawatan baik, dan lingkungan psikologis yang mendukung sejak dalam kandung hingga usia lima tahun, besar kemungkinan harapan kita akan tercapai.semoga bermanfaat

.


0 komentar: