This is a free and fully standards compliant Blogger template created by Templates Block. You can use it for your personal and commercial projects without any restrictions. The only stipulation to the use of this free template is that the links appearing in the footer remain intact. Beyond that, simply enjoy and have fun with it!

Kamis, 20 Maret 2008

Selulit

Dok, saya seorang wanita berusia 27 tahun. Saya ingin tanya dok, kenapa wanita seringkali kena selulit, terutama di bagian paha, pinggul dan pantat. Apa penyebab selulit itu dok dan bagaimana cara menghilangkanya. Apa pada pria juga ada selulit, penyebabnya kenapa dan bagaimana pula cara menghilangkan selulit pada pria. Kemudian dok, kenapa pertumbuhan payudara wanita itu berbeda.
Antara payudara kanan dan kiri itu kenapa ukuranya tidak sama. Apa penyebabnya dok dan apakah tidak berbahaya bagi kesehatan dok?

Rahmi di Padang


Bu rahmi yang baik, sesulit umumnya timbul pada perempuan paska melahirkan tetapi bisa saja timbul pada anak usia remaja. Selulit sering muncul pada daerah perut, paha atau bokong terkadang memang menyulitkan.Cerita terjadinya selulit begini bu,Semua otot pada tubuh dilapisi dengan tumpukan jaringan lemak yang saling berhubungan. Pada jaringan yang ketebalannya beragam tersebut dikelilingi oleh cairan yang menyediakan nutrisi, sehingga mampu mengangkat produk buangan dari lapisan tersebut. Jaringan lemak ini dijalankan oleh serangkaian serat, sehingga saat sistem bekerja dengan baik maka semua produk buangan akan diangkat dan menghasilkan tampilan tubuh yang rata. Tetapi saat sistem pembuangan tidak berjalan lancar maka produk buangan akan mulai tertimbun. Produk buangan dan cairan ini lalu mengental dan mengeras, membentuk kantong-kantong keras yang tidak merata seperti parutan pada permukaan kulit. Hal ini lah yang menyebabkan adanya selulit.

Nah pada perempuan hamil terjadinya selulit karena karena meningkatnya kadar hormon estrogen dan progesteron secara drastis. Apa akibatnya? Tubuh ibu akan memproduksi lebih banyak lemak, di samping terjadi "penyimpanan" air. Semua ini apalagi kalau bukan untuk melindungi janin ibu.Usai persalinan, biasanya tubuh ibu tidak secara otomatis kembali ke bentuk semula. Butuh beberapa waktu lamanya dan itupun terjadi secara bertahap. Nah, timbunan lemak yang masih tertinggal di beberapa bagian tubuh ibu tidak serta merta akan hilang, bahkan di situlah selulit biasanya timbul.Pada pria selulit juga bisa terjadi terutama pada pria yang kelebihan berat badan.
Faktor yang memengaruhi adanya selulit adalah kurangnya asupan air putih, tidak pernah berolahraga, masalah pencernaan dan sembelit, tegang dan stres, polusi, pola makan yang buruk serta siklus hormonal
Meski selulit tidak dapat dihilangkan sepenuhnya, tetapi ada beberapa cara untuk mengurangi dan mencegah pembentukannya. Selulit timbul karena adanya timbunan sel-sel lemak. Jadi, cara menghilangkannya ya dengan "mengusir" sel-sel lemak tadi. Caranya mudah kok. Yang penting, semakin dini Ibu berupaya, semakin cepat selulit hilang. Cara-cara apa saja?

* Rajin berolahraga

Olahraga bukan saja membuat seluruh otot tubuh jadi kencang, tapi tubuh pun sehat dan bugar. Bukan cuma itu. Postur tubuh Ibu juga jadi lebih baik. Tentu saja, Ibu jangan lantas asal-asalan memilih olahraga yang ingin Ibu lakukan. Pilih jenis olahraga yang dapat langsung membakar lemak di bagian tubuh dimana selulit itu berada. Misalnya, senam, berenang atau bersepeda.


* Makan selalu bergizi seimbang
Ini berarti, pola makan Ibu harus bergizi seimbang, yakni karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air. menghindari junkfood, soda, makanan olahan serta lemak jenuh, seperti mentega atau lemak hewani. Bila Ibu merasa tidak PD alias tidak percaya diri dengan susunan menu makanan Ibu, berkonsultasilah pada dokter ibu. Jadi, pola makan Ibu bisa benar-benar sesuai kebutuhan tubuh.

* Pijat

Memang, pijat berfungsi memperlancar sirkulasi darah. Bila peredaran darah lancar, energi tubuh pun meningkat. Apa akibatnya? Akan menghancurkan tumpukan lemak dalam tubuh sekaligus membuat tubuh jadi rileks. Asyik kan.Lakukan pijatan untuk merangsang sirkulasi, terutama pada area yang tidak tersentuh langsung oleh manfaat olahraga seperti bagian dalam lutut dan paha atas. Tetapi Ibu harus hindari pijatan dengan tekanan terlalu kuat karena akan dapat mengganggu fungsi kelenjar getah bening dan peredaran darah mikro.?

* Mengoles krim atau lotion

Sekarang ini, banyak dijual krim atau losion yang diakui sebagai penghilang selulit. Sah-sah saja jika Ibu ingin memakainya. Kok bisa? Krim atau losion ini dipercaya dapat menghancurkan lemak, serta mengencangkan dan menghaluskan kulit. Krim dan losion ini juga mengandung pelembut, sehingga mencegah kulit jadi kering. Walau begitu, ibu sebaiknya berkonsultasi pada dokter ibu.

Nah untuk pertanyaan kedua,Ukuran payudara lebih ditentukan oleh faktor genetis dan bukan faktor latihan. Ukuran dan bentuk payudara bervariasi, ada yang kecil, besar, kendor, ketat dan kencang, dan sebagainya Lagipula payudara tidak mempunyai jaringan otot, sehingga tidak ada olahraga apa pun yang dapat memperbesarnya. Gerakan-gerakan tertentu pada olah ragalah yang mempengaruhi pembesaran pada otot dada. Kalau otot dada kita berkembang, otomatis mendorong payudara lebih ke depan sehingga kelihatan lebih besar.

Ukuran payudara yang tidak sama antara kiri dan kanan adalah normal. Sebab memang pada dasarnya ukuran payudara tidak ada yang sama, asalkan ukurannya tidak terlalu mencolok perbedaan ini dapat diatasi dengan operasi yang sifatnya kosmetik. Sehubungan dengan fungsi menyusui, sesungguhnya sebagian besar payudara baik kecil dan besar akan berfungsi dengan baik bila tiba saatnya untuk menyusui.

Semoga bisa menjawab pertanyaannya ya bu

0 komentar: