This is a free and fully standards compliant Blogger template created by Templates Block. You can use it for your personal and commercial projects without any restrictions. The only stipulation to the use of this free template is that the links appearing in the footer remain intact. Beyond that, simply enjoy and have fun with it!

Minggu, 13 Januari 2008

Toxoplasma

Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Pak Dokter, saat ini saya sedang mengandung anak pertama dengan usia kehamilan 26 bulan. Pada saat usia kehamilan 23 bulan, saya memeriksakan diri ke laboratorium, dan dari hasil pemeriksaan lab diketahui bahwa ANTI TOXOPLASMA IgM Negatif: dan ANTI TOXOPLASMA Ig G Positif: 17,1. Yang ingin saya tanyakan adalah apakah ada kemungkinan saya terinfeksi Toxoplasma saat ini? Kalau iya bagaimana cara mencegahnya agar saya tidak terinfeksi lagi.. Mohon informasinya. Terima Kash

Wassalamu'alaikum wr. wb

Sita
padang

Jawaban

Wa'alaikumssalaam wr. wb.

Infeksi Toxoplasma disebabkan oleh parasit yang disebut Toxoplasma gondi.Pada umumnya, infeksi Toxoplasma terjadi tanpa disertai gejala yang spesifik. Kira-kira hanya 10-20% kasus infeksi Toxoplasma yang disertai gejala ringan, mirip gejala influenza, bisa timbul rasa lelah, malaise, demam, dan umumnya tidak menimbulkan masalah.Infeksi Toxoplasma berbahaya bila terjadi saat ibu sedang hamil atau pada orang dengan sistem kekebalan tubuh terganggu (misalnya penderita AIDS, pasien transpalasi organ yang mendapatkan obat penekan respon imun). Jika wanita hamil terinfeksi Toxoplasma maka akibat yang dapat terjadi adalah abortus spontan atau keguguran lahir mati,cacat atau bayi menderita Toxoplasmosis bawaan. pada Toxoplasmosis bawaan, gejala dapat muncul setelah dewasa, misalnya kelinan mata dan telinga, retardasi mental, kejang-kejang dan ensefalitis.

Diagnosis Toxoplasmosis secara klinis sukar ditentukan karena gejala-gejalanya tidak spesifik atau bahkan tidak menunjukkan gejala (sub klinik). Oleh karena itu, pemeriksaan laboratorium mutlak diperlukan untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. Pemeriksaan yang lazim dilakukan adalah Anti-Toxoplasma IgG, & IgM Pemeriksaan tersebut perlu dilakukan pada orang yang diduga terinfeksi Toxoplasma,.

Ig G dan Ig M merupakan komponen imunoglobulin/antibodi. Imunoglobulin atau antibodi adalah golongan protein yang dibentuk akibat kontak dengan antigen (yaitu setiap bahan yang dapat menimbulkan pertahanan tubuh/imun spesifik pada manusia dan hewan). Fungsi utama antibodi ialah mempertahankan tubuh terhadap infeksi bakteri, virus dan melakukan netralisasi racun (toksin)

IgM adalah anti bodi yang terbentuk paling dahulu pada respon imun primer tetapi tidak berlangsung lama, karena itu kadar IgM yang tinggi merupakan tanda adanya infeksi dini. Sedangkan Ig G menandakan pernah terjadi infeksi pada waktu yang lalu. Pemeriksaan laboratorium yang telah dilakukan pada mbak Sita, hasilnya anti Toxoplasma IgM negatif dan Ig G positif. Insya Allah saat ini mbak Sita tidak terinfeksi Toxoplasma.

Dan cara pencegahannya antara lain dengan memasak atau mengasap daging sampai lebih dari 66 derajat Celcius. Mencuci buah dan sayuran sebelum disantap. Hindari menyentuh mata saat mengolah daging mentah, buah, sayuran yang belum dicuci. Memberantas lalat, kecoa, dan serangga lain. Hindari bahan makanan terkontaminasi kotoran kucing. Menghindari donor darah dan organ yang mengandung toksoplasma.

0 komentar: