This is a free and fully standards compliant Blogger template created by Templates Block. You can use it for your personal and commercial projects without any restrictions. The only stipulation to the use of this free template is that the links appearing in the footer remain intact. Beyond that, simply enjoy and have fun with it!

Kamis, 17 Januari 2008

Genetik

Dokter Bobby yang terhormat,

Dok, ada pertanyaan yang selalu mengganjal di hati saya. Saya dan istri secara fisik berkulit kuning, tapi dua anak saya yang kini balita kok kulitnya berlainan, yang sulung hitam sedang si bungsu berkulit kuning. Wajah si sulung adalah perpaduan saya dan istri, tapi kulitnya hitam, legam. Meniru siapa ya? Mertua dan orangtua kandung saya warna kulitnya putih dan kuning. Kok bisa begini ya dok? Kerap hal itu jadi masalah bagi si anak.


Budi di Padang


Pak budi yang terhormat,penurunan sifat dan karakteristik dari orangtua ke anak tidak selalu mengikuti garis dari kedua orang tuanya,ada anak yang mewarisi sifat resesif atau dominan dari orangtuanya ataupun campurannya,hal itu dikenal sebagai hukum mendel, sebaiknya bapak telusuri lagi di garis keluarga bapak dan ibu lebih jauh ada gak yang berwarna kulit sama dengan si sulung?bisa saja si sulung mewarisi salah satu sifat tersebut....tapi bapak gak usah khawatir kan raut muka si sulung merupakan perpaduan antara bapak dan ibu....atau kalau bapak masih khawatir bapak bisa mencoba melakukan beberapa tes yang paling sederhana adalah tes golongan darah dan yang paling gress tes DNA (deoxyribonycleic acid) –yang ketepatannya meyakinkan, DNA yang biasa digunakan dalam tes adalah DNA mitokondria dan DNA inti sel. DNA yang paling akurat untuk tes adalah DNA inti sel karena inti sel tidak bisa berubah sedangkan DNA dalam mitokondria dapat berubah karena berasal dari garis keturunan ibu, yang dapat berubah seiring dengan perkawinan keturunannya.


Tes DNA sekarang bukan lagi barang mewah yang sulit dijangkau. Meskipun masih relatif mahal, namun peminat tes DNA ini cukup banyak Penggunaan tes DNA lebih cenderung untuk mengungkap garis keturunan dalam masalah matrimonial daripada penyelidikan dalam kasus kriminal.



0 komentar: