This is a free and fully standards compliant Blogger template created by Templates Block. You can use it for your personal and commercial projects without any restrictions. The only stipulation to the use of this free template is that the links appearing in the footer remain intact. Beyond that, simply enjoy and have fun with it!

Kamis, 10 Januari 2008

ASI

Dokter Bobby yang baik,

Saya adalah seorang ibu dari satu orang anak. Saya kini lagi hamil empat bulan. Pada kehamilan anak pertama dulu, kandungan ASI saya tidk banyak, dan bentuk payudara juga kecil. Karena ASI saya sedikit maka anak saya beri susu tambahan (non ASI).

Dok, ibu mertua saya bilang kalau mau ASI-nya banyak, saya mesti mengonsumsi sayur daun katuk atau kacang-kacangan. Apa benar itu dok? Mohon sarannya. Karena saya ingin memberikan asupan gizi bayi yang saya kandung ini nantinya dengan ASI.



Ny. Rossa di Padang

Ny.Rossa yang terhormat,Ukuran payudara tidak berpengaruh terhadap kuantitas dan kualitas ASI; payudara yang kecil tetap mempunyai kelenjar susu yang cukup untuk memproduksi ASI sesuai yang dibutuhkan oleh bayi. Payudara yang besar sering mempunyai bantalan lemak yang banyak, sedangkan kelenjarnya mungkin sama dengan kelenjar pada payudara yang kecil. Yang lebih berpengaruh terhadap jumlah dan kualitas ASI adalah manajemennya. Sering menyusui dan mengosongkan payudara dapat menjamin kecukupan ASI untuk bayi ibu.

Agar ASI maksimal, selain memperhatikan asupan gizi yang seimbang dengan protein dilebihkan sedikit, ibu perlu minum yang cukup (lebih dari 2 liter per hari). Segera susui bayi ibu dalam waktu 30 menit pascapersalin (penyusuan dini), dan jangan biarkan bayi ibu diberi asupan cairan lain seperti air putih, air tajin, bahkan susu formula yang sering diberikan oleh pihak rumah sakit pada bayi baru lahir. Jangan takut ASI akan tidak mencukupi kebutuhan bayi ibu. Biasanya 3 hari pertama ASI masih sedikit dan berat badan bayi akan turun. Hal ini adalah biasa, tidak perlu menjadikan ibu merasa ASI-nya kurang. Bayi baru akan naik lagi berat badannya sekitar seminggu. Jangan takut bayi menangis, meskipun kebanyakan bayi menangis karena lapar, belum tentu ia menangis karena ASI tidak cukup. Kemudian biasakan memberi ASI sekehendak bayi, tanpa dijadwal. Pemberian ASI eksklusif selama 6 bulan selain bagus untuk perkembangan otak, juga bagus untuk mempersiapkan sistem pencernaan bayi karena pada saat lahir, enzim pencernaan bayi masih belum lengkap dan hanya bisa digunakan untuk mencerna ASI. Perlu diketahui bahwa ASI mengandung lebih dari 100 macam enzim yang membantu penyerapan zat gizi yang terkandung di dalam ASI.

Proses menyusui ASI tidak hanya sekedar memberi makan tapi juga mendidik dan memberikan kebutuhan psychososial". Proses menyusui itu merupakan stimulasi bagi pendidikan anak karena ada kontak mata, diajak bicara, dipeluk, dan dielus-elus oleh sang ibu.

Mengenai daun katuk,secara ilmiah sudah terbukti bermanfaat menambah ASI,jadi boleh saja ibu mengkonsumsinya, , namun yang lebih penting adalah penyusuan dini, gizi dan minum ibu yang cukup selama masa menyusui, menyusui tanpa dijadwa,istirahat yang cukupl dan pengosongan payudara yang teratur,

0 komentar: