This is a free and fully standards compliant Blogger template created by Templates Block. You can use it for your personal and commercial projects without any restrictions. The only stipulation to the use of this free template is that the links appearing in the footer remain intact. Beyond that, simply enjoy and have fun with it!

Kamis, 04 September 2008

Sperma

Dokter Boby, saya seorang pria usia 28 tahun dan beberapa minggu lagi akan menikah dengan tunangan saya. Kami berencana habis menikah langsung punya anak. Jadi yang ingin saya tanyakan, bagaimana sperma yang bagus itu dan warnanya seperti apa. Makanan apa yang harus dikonsumsi biar sperma berkualitas dan terakhir, apa benar sperma dapat menjadi obat awet muda bagi perempuan. Terimakasih Dok, atas penjelasanya.


Dari Danar di Padang



Pertama-tama saya ucapkan selamat pada pak Danar,semoga pernikahannya berjalan lancer,pak Danar yang baik untuk mengetahui mengenai sperma yang bagus ada beberapa factor yang harus dinilai dan sebagian besar tidak dapat dilihat secara kasat mata,sebaiknya melalui permeriksaan laboraturium.Yang dinilai secara makroskpis yang pertama adalah semen yaitu cairan pengiring sperma,semen normal tampak berwarna putih kelabu dan berbau seperti bunga akasia pada pagi ,semen mencair (liquefaction) dalam 60 menit pada suhu kamar. Setelah diamati penampilannya, dilanjutkan dengan pengukuran volume semen. Volume semen normal 2 ml atau lebih Jika volume semen terlalu sedikit maka tidaklah cukup untuk menetralkan keasaman suasana rahim. Pemeriksaan makroskopik yang lain adalah pemeriksaan pH semen tersebut. pH semen normal yang diukur dalam waktu satu jam setelah ejakulasi berada dalam kisaran 7,2 sampai 7,8.

Pada pemeriksaan mikroskopik, semen diperiksa bentuk, gerakan, jumlah sperma, adanya sel-sel bukan sperma, dan sperma. Dari bentuknya minimal 30% berbentuk normal,bentuk yang normal itu adalah adanya satu kepala,satu badan dan satu ekor.Gerak sperma ada empat macam, yaitu gerak lurus cepat, gerak lurus lambat, gerak di tempat, dan tidak bergerak. Yang ada gunanya untuk pembuahan adalah yang bergerak maju (gerak lurus cepat dan gerak lurus lambat). Jumlah sperma yang bergerak maju yang dibutuhkan untuk pembuahan minimal 50 persen dari keseluruhan sperma yang keluar,jumlah sperma normal adalah 20 juta sperma /ml atau setiap ejakulasi minimal 40 juta /ml

ada beberapa cara alami yang dapat dicoba. Untuk memperbaiki kualitas sperma.

Mulailah makanan makanan yang tepat
Diyakini atau tidak, pola makan mempengaruhi produksi sperma. Cobalah makan makanan rendah lemak, berprotein tinggi, sayuran dan seluruh jenis padi-padian yang baik bagi kesehatan.
L-carnitine yang ditemukan dalam daging merah dan susu merupakan asam amino alami yang dapat meningkatkan produksi dan kecepatan sperma.Folic acid ketika digabung dengan seng dapat meningkatkan produksi sperma, L-arginine yang ditemukan dalam kacang-kacangan, telur, dagung dan wijen juga memiliki khasiat yang sama termasuk vitamin E dan selenium juga memperbaiki kecepatan dan konsentrasi sperma.
Tambah asupan vitamin C & E.
Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan sperma menggumpal,. Vitamin C & E adalah antioksidan yang membuat membran-membran sel menjadi stabil dan ini bermanfaat baik bagi sperma. Buah-buahan seperti jeruk, mangga, semangka, strawberi dan sayuran seperti brokoli, tomat, dan kecambah adalah makanan yang kaya dengan vitamin C & E

Jangan berolahraga berlebihan.
Orang yang berolahraga secara berlebihan bisa mengurangi hitungan sperma mereka karena suhu yang meningkat di sekitar testis selama kegiatan yang sangat mengerahkan tenaga.

Pakai celana Longgar

Inilah alasannya mengapa letak testis itu tergantung di tubuh. Testis perlu memiliki suhu lebih sejuk dibanding bagian tubuh lain karena itu memakai celana dalam atau celana panjang ketat akan mengakibatkan suhu di sekitarnya panas.


Turunkan berat beberapa kilogram.
Pria kegemukan memiliki kualitas sperma yang kurang baik. lemak tubuh memproduksi hormon yang disebut dengan estradiol yang langsung berpengaruh pada produksi testeron, hormon yang sangat berpengaruh bagi kualitas sperma seorang pria. Semakin tinggi estradiol maka produksi testeron semakin rendah, otomatis kualitas sperma pun menjadi kurang baik.

Hentikan Kebiasaan merokok

Merokok merupakan salah satu penyebab munculnya radikal bebas dalam tubuh manusia, yang selalu mengikat sel tubuh manusia dan merusaknya, serta mengurangi kemampuan sperma untuk bergerak. Selain itu, radikal bebas terbukti mengurangi usia sperma.

Cermati obat-obatan yang minum.
Walaupun antibiotika bcgitu berperan dalam kemandulan, ada beberapa jenis yang bukti mempengaruhi mutu sperma dengan menurunkan hitungan sperma dan kelincahan gerak sperma, atau kemampuan "berenang" sperma,begitu juga dengan obat-obatan adiktif lainnya dan alkohol


Redakan stres
stres yang berlebihan dapat mengurangi hitungan sperma, mempraktikkan teknik-teknik meredakan stres seperti biofeedback atau relaksasi otot progresif bisa ada gunanya. Usahakan gairah memuncak. Pria yang sangat terangsang ketika sedang bersanggama memancarkan semen lebih banyak dan menghasilkan sperma lebih kuat. Selain itu bapak dapat melakukan senam kegel untuk memperkuat pancaran spermanya

Kurangi hubungan intim dan masturbasi
Banyak pria mengeluhkan air mani mereka sedikit dan encer. Semakin banyak ejakulasi, semakin berkurang kepadatan air mani tersebut. Jika melakukan hubungan intim tiap hari atau lebih buruk lagi masturbasi akan berpengaruh pada jumlah sperma dan kepadatan air mani itu sendiri.

Mengenai sperma sebagai obat awet muda,sampai saat ini mitos itu belum bias dibuktikan secara ilmiah

Semoga bermanfaat….


0 komentar: