This is a free and fully standards compliant Blogger template created by Templates Block. You can use it for your personal and commercial projects without any restrictions. The only stipulation to the use of this free template is that the links appearing in the footer remain intact. Beyond that, simply enjoy and have fun with it!

Sabtu, 07 Juni 2008

Hamil Kosong

Salam kenal dokt boby, saya sudah menikah dua tahun dan dua kali keguguran. Yaitu memasuki minggu ke 12. Keguguran yang pertama tidak dikurek. Keguguran kedua dikurek. Dokter bilang bletik ovom. Jarak kehamilan satu dan yang kedua adalah enam bulan. Oh ya, waktu keguguran pertama, darah plek yang keluar warna merah. Keguguran yang kedua warnanya kecoklatan. Kok beda ya dok? Terus, perut saya sebelah kiri bagian atas sering terasa panas seperti berdekatan dengan api. Ini saya rasakan setelah saya keguguran. Apakah ini ada hubungannya dok? Saya harap sekali jawaban dari dokter bobby. Terima kasih.....

(0814747xxxxx)

Salam kenal juga bu…Blighted ovum adalah suatu kehamilan dimana tidak terbentuknya bakal janin sejak awal ,Penyebabnya adalag karena kelainan genetic. Meski tak ada janin, blighted ovum bisa membuat ibu merasa hamil sungguhan. Ini wajar saja karena ibu memang mengalami beberapa gejala kehamilan, seperti menstruasi terhenti, mengalami mual dan muntah, perut makin membesar dan payudara mengeras. Bahkan hasil pemeriksaan air seni melalui test pack maupun laboratorium, bisa saja menunjukkan hasil positif. Mengapa bisa seperti itu? Begini penjelasan ilmiahnya. Pada saat pembuahan, sel telur yang matang dan siap dibuahi bertemu sperma. Namun dengan berbagai penyebab (di antaranya kualitas telur/sperma yang buruk, atau terdapat infeksi TORCH), maka unsur janin tidak berkembang sama sekali. Hasil konsepsi ini akan tetap tertanam di dalam rahim. Lalu rahim yang berisi hasil konsepsi tersebut akan mengirimkan sinyal pada indung telur dan otak sebagai pemberitahuan bahwa sudah terdapat hasil konsepsi di dalam rahim. Hormon yang dikirimkan oleh hasil konsepsi tersebut akan menimbulkan gejala-gejala kehamilan seperti mual, muntah, ngidam dan lainnya yang lazim dialami ibu hamil pada umumnya. Karena gejalanya yang tidak spesifik, maka biasanya blighted ovum baru ditemukan setelah ibu hamil mengeluh adanya perdarahan sedikit dari kemaluan..

PENANGANAN BLIGHTED OVUM

Jika telah ditegakkan diagnosis blighted ovum, berikut tindakan selanjutnya yang dianjurkan:

1. Mengeluarkan hasil konsepsi dari rahim

Keadaan janin gagal tumbuh biasanya akan menimbulkan keguguran spontan. Kalaupun tidak, begitu ada kecurigaan terjadinya blighted ovum, tetap perlu dilakukan penguretan. Tindakan ini bermanfaat untuk menghindari perdarahan atau infeksi yang mungkin terjadi jika kelak si ibu benar-benar hamil. Hasil kuretase selanjutnya akan diperiksa/dianalisa untuk memastikan apa penyebab blighted ovum.

2. Mencari penyebab

Penyebab blighted ovum cukup beragam, di antaranya kelainan kromosom, rendahnya kadar hormon beta HCG, kualitas sperma atau sel telur yang buruk, embrio mengandung cacat berat sehingga gagal tumbuh, infeksi bakteri streptokokus, infeksi virus rubela dan toksoplasma. Melalui berbagai pemeriksaan bisa diketahui penyebab mengapa janin gagal tumbuh.

Jika disebabkan kelainan kromosom, maka tidak banyak yang bisa dilakukan karena sudah merupakan kelainan bawaan. Namun jika karena infeksi TORCH atau streptokokus, masih dapat diobati agar kehamilan seperti ini tidak terulang kembali. Dengan kata lain, setelah menjalani pengobatan atau terapi dengan baik, tidak tertutup peluang bagi ibu untuk dapat hamil yang sebenarnya.

Darah flek yang berwarna merah itu menandakan kegugurannya baru terjadi,jadi berupa darah segar sementara darah flek yang berwarna coklat menandakan perdarahannya sudah cukup lama terjadi,mengenai nyeri perut bagian kiri atas itu tidak ada hubungannya dengan dua kejadian keguguran yang ibu alamai,mengenai itu ibu dapat konsultasikan ke dokter penyakit dalam…semoga bermanfaat..

0 komentar: