This is a free and fully standards compliant Blogger template created by Templates Block. You can use it for your personal and commercial projects without any restrictions. The only stipulation to the use of this free template is that the links appearing in the footer remain intact. Beyond that, simply enjoy and have fun with it!

Rabu, 01 Agustus 2007

Bayi Tabung

Pak Dokter Bobby Yth,

Saya adalah seorang ibu rumah tangga berusia 31 tahun, dan kini tengah mengandung dua bulan dok. Anak pertama saya perempuan, dan ini adalah kehamilan kedua. Ada beberapa pertanyaaan yang saya ajukan. Dok, teman sejawat saya bilang bahwa dunia kedokteran bisa membantu kehamilan seseorang dan bisa pula memprogram jenis kelamin calon janin yang dinginkan calon ayah dan ibu. Apa benar itu dok. Keberhasilannya berapa persen dok, dan apa ada resepnya. Kalau ya saya tertarik juga mengikuti program seperti itu. Demikian dok pertanyaan saya, terima kasih.


Ny. Dewi di Padang

__________________________________________________
Ibu Dewi yang terhormat dunia medis memang telah melakukan penelitian-penelitian tentang penanganan masalah ketidak suburan yang disebut dengan teknik reproduksi Teknik reproduksi dapat berupa yang sederhana sampai dengan yangcanggih, antara lain; pengaturan saat sanggama yang tepat, pemberian obat-obatan, operasi rekonstruktif dan "assited reproductive techniquest" (ART) yang secara harfiah diterjemahkan sebagai teknik-teknik reproduksi yang dibantu atau dengan bantuan. Menurut tempat fertilisasinya, ART dapat dibagi menjadi dua jenis, yakni teknik dengan fertilisasi in vivo (dalam rahim ibu) dan fertilisasi in vitro (di luar rahim ibu/bayi tabung) Termasuk ART dengan fertilisasi in vivo adalah inseminasi buatan, tujuan inseminasi ini adalah untuk meningkatkan jumlah sperma yang akan membuahi oosit pada saat ovulasi. Sedangkan ART dengan fertilisasi in vitro, fertilisasi tidak terjadi di tuba falopii pada sangan wanita. Sebelum ovulasi, sel telur diambil dan dibiakkan dalan suatu media tertentu untuk kemudian dilakukan pembuahan dan perkembangan awal embrio. Beberapa reknik kombinasi dari Fertilisasi In Vitro (FIV) yang dikembangkan antara lain, Gamete Intra-Falopian transfer (GIFT) , ZIFT atau Pronucleate-Stage Oocyt transfer (PROST).

Beberapa teknologi reproduksi buatan yang berkembang saat ini, diantaranya adalah :

A. Fertilisasi In Vitro dan Pemindahan Embrio (FIV & ET), yaitu prosedur pembuahan ovum oleh sperma dilanjutkan dengan pemindahan embrio ke dalam uterus.

B. Gamete Intra-Fallopian Transfer (GIFT), yaitu prosedur pemindahan ovum yang telah diaspirasi dari ovarium bersama dengan sejumlah sperma langsung kedalam saluran tuba Fallopii.

C. Zygote Intrafallopian Transfer (ZIFT), yaitu proses pemindahan zygote sebagai hasil dari FIV ke dalam saluran tuba fallopii.

D. Cryopreservation, yaitu teknik simpan beku ovum, sperma, atau embrio, serta pencairannya kembali untuk digunakan pada waktunya.

E. Intra Cytoplasmic Sperm Injection (ICSI), yaitu penyuntikan 1 sperma yang berasal dari eyakulat ke dalam ooplasma. Apabila sperma tersebut berasal dari epididimis disebut MESA (Microsurgical Epididymal Sperm Aspiration); atau disebut TESE ( Testicular Sperm Extraction), apabila sperma tersebut berasal dari testis. ICSI merupakan metode fertilisasi mikro yang dapat mengatasi keluhan-keluhan seperti infertilitas pria atau pada kondisi dimana teknik fertilisasi in vitro (FIV) konvensional memiliki kemungkinan keberhasilan yang kecil

Sedangkan teknik untuk pemilihan jenis kelamin dapat dilakukan dengan cara :

· Pemisahan spermatozoa X (sperma Perempuan) dan Y (Sperma Laki-laki) sebelum prosedur inseminasi buatan atau IVF

· Pemilihan Jenis kelamin pada saat Pre implatantion Genetic Diagnosis (PGD)


sedangkan untuk pemilihan jenis kelamin ini masih dalam perdebatan terutama dari sisi etika dan moralnya,cuba ibu bayangkan kalo semua orang tua pengen punya anak laki-laki...kasian kan anak-anaknya susah nyari istri ntar...

0 komentar: